Hari Ulang Tahun Kota Jakarta


Hari ini tepat tanggal 22 Juni 2011 adalah hari ulang tahun kota Jakarta yang ke 484 tahun. Saya akan sedikit membahas tentang sejarah kota Jakarta. Sebenarnya kota Jakarta sudah ada jauh sebelum tanggal yang ditetapkan sebagai tanggal lahir kota ini. tanggal 22 Juni 1527 adalah tanggal penyerangan pasukan Fatahillah (Faletehan) dan kemudian berhasil menduduki pelabuhan Sunda Kelapa. Saat itu kota ini diberi nama Jayakarta, dalam artian kota kemenangan atau kota kejayaan.

Jakarta, nama yang sering mengalami beberapa kali perubahan. Nama pertama klai di gunakan yaitu Sunda kelapa. Kerajaan Sunda yang menguasai wilayah Jawa Barat yang beribukota Pakuan Pajajaran (sekarang Bogor) memiliki beberapa pelabuhan, salah satu yang paling sibuk adalah Sunda Kelapa. Nama Sunda Kelapa ini tercantum sejak tahun 397 sampai dengan tahun 1527. Setelah mengalami penyerangan dahsyat, pada tanggal 22 Juni 1527 dan ditetapkanlah nama Jayakarta yang bertahan dari tahun 1527-1619. Alih kekuasaan kembali terjadi, kali ini kepada pihak penjajah. Belanda datang, mengalahkan pasukan Kesultanan Banten diubahlah namanya menjadi Batavia dan bertahan dari tahun 1619 sampai dengan datangnya Jepang pada tahun 1942 yang lantas diganti lagi menjadi Djakarta. Nama Djakarta sendiri hanya bertahan sampai 30 tahun (1972). Dan hingga kini tetap digunakan nama Jakarta yang diperkirakan merupakan singkatan dari Jayakarta. Itulah sedikit sejarah dari kota Jakarta yang banyak mengalami perubahan nama dari sunda kelapa hingga nama sekarang yaitu Jakarta.

Semoga dengan hari ulang tahun yang ke 484 jakarta bisa mengatasi kemancetan dan masalah lain agar masyarakat Jakarta nyaman… SELAMAT ULANG TAHUN KOTA JAKARTA yang ke 484.

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Recent Post