taman rakyat kota malang


           Taman Rekreasi Kota (Tareko), terletak di tengah Kota Malang yaitu di Jl. Simpang Majapahit, tepatnya di belakang Gedung Balaikota Malang atau tepatnya disebelah gedung SMU Taman Harapan, Dibangun pada tahun 2002, Taman Rekreasi Kota Malang adalah untuk memenuhi keinginan masyarakat akan sarana rekreasi atau tempat bermain anak-anak di tengah kota yangmurah, memadai dan terjangkau. Masuk ke kawasan rekreasi taman kota ini tidak di punggut biaya, apabila pengunjung mebawa kendaraan di punggut biaya Rp 2000 saja.
            Taman Rekreasi Kota ini berada di halaman Kantor Pamong Praja, di dalamnya terdapat beberapa kandang yang berisi beberapa jenis satwa khas indonesia yang juga dilindungi dan mungkin juga hampir punah. Pertama kali masuk kita langsung berhadapan dengan kandang yang berisi beberapa satwa berjenis burung (nuri merah kepala hitam, merak hijau, mandar besar, itik alabio, kuntul, beo nias, nuri maluku, nuri talaud, nuri ambon, bayan, kasturi tengkuk ungu, itik mandarin, belibis kembang, angsa, ayam kalkun dan kalong), di depan kandang itu juga terdapat lapangan parkir yang luas yang digunakan sebagai bermain anak-anak dengan bermain mobil-mobilan dan dapat juga menyewa kuda atau delman untuk keliling di kawasan tareko tersebut.

Taman rekreasi kota malang ini memeliki fasilitas antara lain: sarana olahraga, sarana pendidikan, dan sarana belanja. Sarana olahraga sendiri terdapat fasilitas seperti  jogging track, areal senam bersama dan 2 kolam renang untuk anak-anak dan kolam renang dewasa, tetapi untuk masuk ke kolam renang di kenakan biaya masuk berkisar Rp 2500 untuk hari senin hingga jumat, untuk hari sabtu dan minggu di kenakan biaya Rp 3500. Sarana selanjutnya yaitu sarana pendidikan, sarana ini terdapat flora dan fauna. Manfaat dari sarana pendidikan yang ada di  tareko(taman rekreasi kota) untuk memberikan pengetahuan tentang flora dan fauna kepada pengujung yang dating, tapi saying saat ini untuk flora tidak selengkap pada waktu tareko didirikan dikarenakan flora yang ada di tareko mengalami kerusakan karena cuaca yang buruk pada akhir-akhir ini. Di ungkapkan juga dari kepala UPT (unit pelaksana teknis) tareko Ibu Nur Asmi “bahwasannya untuk flora mengalami kerusakan disebabkan cuaca yang tak menentu seperti angin kencang pada akhir-akhir ini menjadikan flor a yang ada saat ini sangat sedikit”.
    Sarana berikutnya yaitu sarana belanja seperti stand produk unggulan dan stand gazebo (makanan khas malang) dan sarana bermain anak. ada beberapa stand yang di buat khusus untuk kecamatan-kecamatan yang ada di Malang sebagai tempat berjualan kerajinan dan souvenir. Namun sayang sekali hanya ada sekitar dua stand yang buka waktu kami meliput, stand itu digunakan sebagai bengkel seni. Ada banyak pajangan lukisan, topeng, patung dan beberapa benda seni lainnya dan stand penjualan makanan ringan.
Kami mulai masuk ke dalam, kami melihat beberapa kandang yang berisi satwa berjenis burung besar. Tidak hanya itu tapi ada juga monyet, landak, rusa, dan ada juga 2 buah kolam renang. Banyak sekali pengetahuan tentang satwa yang kami dapatkan dalam liputan kali ini, tapi sayang sekali taman rekreasi ini kurang terawat. Bau kotoran hewan dan makanan hewan yang busuk bercampur sehingga sedikit mengganggu kenyamanan bagi para pengunjung taman rekreasi ini. Hal ini seperti di ungkapkan fauzan pengunjung tareko “ kurang terawat menjadikan saya(pengunjung) tidak nyaman dengan keadaan yang seperti ini”, fauzan orang asli malang ini juga berharap pihak yang terkait bisa memperbaiki taman rekreasi kota malang agar para pengunjung bisa nyaman berkrekreasi di taman rekreasi kota malang.
Di sisi lain sarana jogging track juga mengalami kerusakan dan kotor  di mana pagar pembatas rusak dan jalananya juga mengalami rusak menjadikan pengunjung yang datang tidak nyaman dalam melakukan jogging. Di samapaikan juga kepala UPT “memang kondisi jalan di jogging track mengalami kerusakan membuat pengunjung kurang nyaman di karenakan struktur tanah yang jelek dan banyak pohon besar yang akarnya sampai  ke area jogging track dan selain itu juga di karenakan berdekatkan tepian sungai brantas yang banyak sampah berserakan membuat are jogging track bau dan kotor”, kepala UPT juga menjelaskan “kami akan memperbaiki secepatnya kondisi tersebut agar pengunjung yang melakukan jogging dapat nyaman”.            

1 komentar:

Unknown mengatakan...


yth :pemilik blog
izin bagi-bagi info agan
Mencoba lebih baik dari pada diam. saya yang sudah bergabung di perusahaan okeyprofits.com mengajak anda untuk bergabung dan ikut serta merasakan keuntungan hanya dalam 100 hari. jangan biarkan uang anda diam dan malah berkurang tapi jalankan uang anda 2 x lipat untung 100 hari. minimal deposit 10 usd. Example
anda deposit 100 usd bonus 20% maka menjadi 120 usd yang akan kami kirimkan, 1 usd x 10 rb ke pusat kalau melalui saya x 9 rb. modal 100 usd itu akan menjadi 200 usd dalam 100 hari. kalau mau ditukar ke rupiah tukar langsung ke pusat atau ke sponsor (sesuai syarat dan ketentuan perusahaan) maka rupiah akan di kirimkan ke bank pribadi anda. bank apapun itu kita akan kirimkan. kepercayaan anda adalah tanggung jawab kami.
my info 082166643133
Gabung menjadi referral saya. Bonus Tambah saldo Deposit 20% Untuk Modal Penyertaan min: 100 USD untuk anda
Referensi Pendaftaran

Referensi Blog

Aplikasi Paling Keren

Posting Komentar

Blog Archive

Recent Post